Bagaimana Terciptanya Hujan Es?

Bagaimana Terciptanya Hujan Es?

Bagaimana Terciptanya Hujan Es? – Hujan es adalah jenis presipitasi, atau air di atmosfer. Hujan es terbentuk ketika tetesan air membeku bersama di daerah atas awan badai yang dingin.

Hujan es adalah jenis presipitasi, atau air di atmosfer. Hujan es terbentuk ketika tetesan air membeku bersama di daerah atas awan badai yang dingin. Potongan es ini disebut hujan es. Sebagian besar hujan es berukuran antara 5 milimeter dan 15 sentimeter, dan bisa bulat atau bergerigi.

Hujan es bukan hujan beku. Hujan beku jatuh sebagai air dan membeku saat mendekati tanah. Hujan es benar-benar jatuh sebagai benda padat.

Hujan es terbentuk oleh lapisan-lapisan air yang menempel dan membeku di awan besar. Tetesan beku mulai jatuh dari awan saat badai, tetapi didorong kembali ke awan oleh angin kencang. Saat batu es diangkat, ia akan menyentuh tetesan air cair. Tetesan itu kemudian membeku di hailstone, menambahkan lapisan lain ke dalamnya. Batu es akhirnya jatuh ke bumi ketika menjadi terlalu berat untuk tetap berada di awan, atau ketika updraft berhenti atau melambat.

Beberapa bagian dunia menerima lebih banyak hujan es daripada yang lain. Pendekatan musim monsun musim panas di India membawa badai besar, seringkali dengan tornado dan hujan es. Badai hujan es yang mematikan di Moradabad, India, pada tahun 1888 menewaskan lebih dari 250 orang. Cina juga sering mengalami badai hujan es, seperti halnya bagian dari Amerika Serikat bagian barat tengah. Bahkan, wilayah Great Plains di Amerika Serikat dan Kanada disebut “Hail Alley.”

Hujan es dapat menyebabkan kerusakan ekstrem pada bangunan, kendaraan, dan tanaman. Tidak mengherankan, orang telah mencoba mencari cara untuk mencegah hujan es. Pada abad ke-18, orang Eropa mulai mencoba mencegah hujan es dengan menembakkan meriam ke awan dan membunyikan lonceng gereja.

Pada abad ke-20, Rusia dan Amerika Serikat mencoba penyemaian awan. Cloud seeding adalah menambahkan partikel kimia ke awan dari roket atau pesawat terbang. Penyemaian awan dianggap mengendalikan hujan dan hujan es.

Tidak ada bukti jelas bahwa salah satu dari teknik ini efektif.

Leaves and Hail, Colorado Springs

Badai hujan es di Colorado Springs, Colorado, menutupi meja dan halaman dengan hujan es putih dan daun maple hijau. Setiap musim panas, ratusan badai hujan es menyapu dataran timur, dan Colorado adalah target utama. Badai hujan es yang melanda Denver pada Juni 1990 menyebabkan sekitar $ 625 juta kerusakan

Awan Hujan Es

Hujan es terbentuk di awan badai. Tetesan air kecil dilingkari melalui awan melalui arus naik turun dan turun. Setiap siklus menambahkan lapisan es baru ke tetesan. Di sini, awan badai penghasil hujan menyeberangi South Dakota. Dalam rekor badai badai South Dakota yang terjadi pada Juli 2010, diameternya sebesar 20 sentimeter (8 inci) menghancurkan kaca depan mobil dan meninggalkan kawah di tanah.

Hail Stone

Bahkan potongan-potongan kecil hujan es seperti ini dapat merusak tanaman dan menyebabkan kerusakan mobil, rumah, dan properti lainnya yang mahal. Menurut NOAA, hujan es menyebabkan lebih dari $ 1 miliar kerusakan tanaman dan properti setiap tahun.

Camino de Santiago

Badai mengendap hujan es di sepanjang jalan tanah yang membentuk bagian dari El Camino de Santiago di Spanyol utara. El Camino de Santiago, atau Jalan St. James, adalah rute yang diikuti oleh peziarah Kristen ke katedral di kota Santiago de Compostela, di mana sisa-sisa St. James diduga dikuburkan